Monday, April 21, 2014

Masakan Khas Turki

1. Kebab Turki

Doner kebab atau kebab Turki adalah makanan khas asal Turki yang berupa daging yang diiris tipis dari pemanggang pemanggang berputar, dan disajikan dengan cara digulung dengan roti pita (atau tortila) atau dalam bentuk sandwich/burger, bersama sayuran seperti tomat, mentimun, selada, bawang bombay, saus sambal, dan mayonaise. Daging yang biasa digunakan bisa daging kambing, sapi, atau ayam. Saya bilang kebab Turki bukan kebab saja adalah karena kebab (tok, nggak ada embelembelnya) merupakan masakan yang terbuat dari daging panggang yang banyak sekali jenisnya, dan tidak khusus berasal dari Turki, melainkan Timur Tengah. Salah satunya adalah daging yang ditusuk dan dibakar seperti sate di Indonesia. Kebab yang seperti ini disebut shish kebab. Kalau di US, orang bilang kebab (tok) yang dimaksud adalah shish kebab, sementara kalau di UK, kebab (tok) yang dimaksud adalah doner kebab yang dibungkus roti pita seperti kebab turki-nya orang Indonesia. Sementara di Jerman, kebab turki yang populer juga doner kebab (atau doner saja) tetapi disajikan dalam bentuk burger. Di Turki sendiri kemungkinan Anda akan menemui jenis kebab Turki lain selain seperti yang populer di Indonesia, dan namanya ya... tetap kebab Turki

2. Turkish Delight
Lokum atau Turkish delight adalah manisan khas asal Turki yang yang terbuat dari bahan dasar gel pati dan gula. Manisan ini biasanya disajikan dalam bentuk potonganpotongan kecil berbentuk kubus atau bundar, macammacam warnanya, dan ditaburi dengan gula bubuk agar tidak lengket. Selain bahan dasar, Turkish delight juga biasa ditambah dengan bahan lain seperti potongan kurma, kacang-kacangan seperti hazelnut, walnut, atau pistachio, dan bahan perasa seperti lemon, kayu manis, atau mint, rosewater, atau jeruk Bergamot (jeruk berwarna kuning seperti lemon). Dalam proses produksi, pembuatan Turkish Delight biasanya menggunakan soapwort yang digunakan sebagai aditif pengemulsi atau pewarna alami makanan. Soapwort sendiri adalah aditif alami yang berasal dari tanaman saponaria officinalis yang memberikan warna merah muda. Manisan ini tidak hanya tekenal di Turki saja tetapi juga di negara lain di dunia seperti Yunani, Romania, Amerika Utara, Brazil, dan Inggris serta negara persemakmurannya. Turkish delight juga muncul dalam novel karangan C.S Lewis dan juga film adaptasinya yang terkenal, The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe. 


3. Dondurma

Dondurma adalah es krim khas Turki yang mempunyai tekstur yang liat dan lengket seperti permen karet.  
Tektur es krim Dondurma ini lembut dan kenyal. Dondurma terbuat dari Sahlab yang terbuat dari tepung umbi anggrek liar yang dicampur dengan susu dan damar wangi. Es krim khas Turki ini dikenal dengan kalorinya yang rendah dan kaya dengan nutrisi.

Dondurma tidak meninggalkan rasa haus dan tidak mudah mencair seperti es krim pada umunya. Dondurma memiliki rasa hazelnut atau almond, kacang pistachio, coklat, dan strawberry. Adapun dilengkapi dengan taburan kacang-kacangan diatasnya. Di Turki, dondurma banyak dijual di kios-kios atau gerobak-gerobak di pinggir jalan dan juga di depan toko. Penjual es krim Turki biasanya mengenakan rompi dan peci khas dan mengaduk gumpalan es krim secara terus menerus menggunakan tongkat panjang (mungkin agar adonannya tetap elastis) sambil melakukan atraksi-atraksi untuk menarik pembeli. Dan ketika ada yang membeli, pedagang biasanya tidak langsung memberikan es krimnya begitu saja, tetapi menggoda dan mengerjai dulu si pembeli.


http://lifestyle.pelitaonline.com/news/2013/03/15/segarnya-dondurma-es-krim-%E2%80%98melar%E2%80%99-khas-turki
http://explorerguidebook.blogspot.com/2013/10/makanan-khas-turki.html#axzz2zOM6i9tO
http://www.sayangi.com/gayahidup1/kuliner/read/9786/turkish-delight-kenyal-wangi-dan-manisnya-dessert-ala-turki

No comments:

Post a Comment