Monday, October 8, 2012

Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat dalam Melestarikan Kebudayaan

ILMU BUDAYA DASAR

Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat dalam Melestarikan Kebudayaan

NAMA : DWI YANA

KELAS : 1EA04

NPM : 12212315

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat dalam Melestarikan Kebudayaan ” tepat pada waktunya.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi masukan-masukan bermanfaat sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini, terutama kepada ibu Tri Handayani selaku dosen Ilmu Budaya Dasar yang telah memberikan kesempatan untuk menyelesaikan maklah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu Penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat untuk pembaca khususnya serta rekan-rekan mahasiswa pada umumnya.

Depok, Oktober 2012

Penulis



BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, dengan keberagaman kebudayaan di setiap daerah dan wilayah yang dimilik bangsa Indonesia. Adalah suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia yang dengan keberagaman kebudayaan itu masyarakatnya tetap bersatu tanpa memandang perbedaan antar budaya yakni bersatu sebagai bangsa Indonesia. Dari masing-masing kebudayaan daerah yang dimiliki Bangsa Indonesia memiliki suatu karakteristik yang unik dan berbeda-beda antar daerahnya. Yakni ciri khas yang hanya dimiliki tiap daerah tersebut. Inilah yang membuat bangsa indonesia yang unik di mata dunia. Setiap kebudayaan itu memiliki peran yang sangat kuat dalam menunjang budaya nasional. Kita lihat dengan keseniannya, lalu tiap-tiap daerah memiliki rumah dan pakaian adat yang berbeda-beda, adat dan istiadatnya hal ini sangat menarik perhatian masyarakat luar bangsa Indonesia. Sehingga menjadi suatu daya tarik yang kuat bagi bangsa asing mau datang ke Negeri Indonesia Begitu pula pada masa ini telah banyak sebagian orang dari bangsa asing mau mempelajari kebudayaan Indonesia. Namun sangat disayangkan di masa ini, bahkan generasi muda masyarakat kita sendiri sedikit yang mau mempelajari kebudayaannya sendiri. Mereka-mereka lebih tertarik akan kebudayaan asing yang dimata mereka dipandang lebih modern. Sehingga banyak dari kebudayaan kita ini mulai memudar akan kelestariannya. Padahal justru banyak dari pihak-pihak asing sangat mengagumi akan kebudayaan kita. Namun pemerintah dan masyrakat kurang menyadari pentingnya melestarikan budayanya sendiri. Tentu hal ini tidak bisa kita biarkan. Perlu adanya peningkatan akan peran-peran kebudayaan tiap daerah dalam mempertahaan akan keutuhan dan ketahanan kebudayaan bangsa kita ini. Sehingga bangsa kita tetap menjadi bangsa yang utuh dan kuat yang kaya akan kebudayaan. Sehingga tak ada satu pihakpun dari negara asing yang berani mengklem dan mengakui kebudayaan kita sebagai kebudayaannya.

2.1 Rumusan Masalah

1. Apa saja aspek-aspek yang terdapat dalam budaya ?

2. Apa saja upaya pemerintah dan masyarakat dalam pelestarian budaya ?

3.1 Tujuan Tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah :

1. Untuk menyadarkan pemerintah dan masyarakat pentingnya melestarikan kebudayaan nasional.

2. Menjaga dan melestarikan kebudayaan nasional.

3. Agar masyarakat Indonesia menghargai dan mencintai kebudayaannya sendiri.

4. Agar pembaca mengetahui peran masyarakat dan pemerintah dalam melestarikan kebudayaan nasional.


BAB II PEMBAHASAN

2.1 Aspek-aspek Budaya

Sebagai generasi penerus bangsa dan warga negara yang baik kita mempunyai peranan penting untuk mempertahankan, melestarikan, menjaga, serta mewarisi budaya lokal dengan sebaik-baiknya agar dapat memperkokoh budaya bangsa. Serta supaya budaya asli negara kita tidak diklaim oleh negara lain.
Berikut beberapa hal yang dapat kita simak dalam rangka melestarikan budaya :

a. Strength (Kekuatan) adalah situasi dan kondisi yang merupakan kekuatan peranan budaya daerah dalam memperkokoh budaya nasional.
• Keanekaragaman budaya lokal yang ada di Indonesia
• Memiliki ciri khas budaya lokal Indonesia
• Kebudayaan Lokal menjadi sumber ketahanan budaya bangsa

b. Weakness (Kelemahan) adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari peranan budaya daerah dalam memperkokoh budaya nasional.
• Minimnya kesadaran masyarakat
• Pengaruh budaya luar
• Kurangnya minat generasi bangsa untuk mempelajari budaya lokal lebih
• Minimnya komunikasi budaya

c. Opportunity (Kesempatan) adalah situasi atau kondisi yang merupakan peluang dari peranan budaya daerah dalam memperkokoh budaya nasional.
• Indonesia dipandang dunia Internasional karena kekuatan budayanya
• Kuatnya budaya bangsa memperkokoh rasa persatuan
• Kemajuan pariwisata
• Multikuturalisme

d. Threat (Hambatan) adalah situasi atau kondisi yang merupakan hambatan-hambatan yang dapat mengancam eksistensi peranan budaya daerah dalam memperkokoh budaya nasional.
• Kemajuan teknologi
• Perubahan alam
• Pengaruh budaya asing

2.2 Upaya Pelestarian Budaya

Konrtribusi dari Pemerintah
a. Pemerintah harus lebih memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan – kebudayaan bangsa Indonesia ke negara – negara lain lewat iklan di media televisi atau media cetak.
b. Membuat acara pergelaran kebudayaan Indonesia di negara sendiri maupun di negara lain.
c. Memberikan hak paten terhadap setiap kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia, seperti Tari – tarian, produk dalam negeri, lagu kebangsaan ataupun lagu daerah, dan barang-barang sejarah bangsa Indonesia.
d. Menjaga dan mempertahankan kesatuan Negara Indonesia, dengan memberikan keamanan dan penjagaan di suatu daerah / pulau, terutama di daerah atau pulau – pulau terpencil yang masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah agar tidak terjadi perampasan daerah / pulau oleh negara lain.
e. Memperkenalkan dan mempromosikan tempat – tempat wisata yang ada di Indonesia.
f. Menjalin kerja sama atau hubungan baik dengan negara lain di seluruh bidang, baik di bidang pariwisata, bidang politik, bidang pengetahuan dll.
g. Membuat pameran – pameran khusus untuk produk – produk dalam negeri saja.
h. Pemerintah daerah harus lebih mengembangkan dan memajukan daerah – daerah terpencil di seluruh bidang terutama di bidang ekonomi, pendidikan dan Teknologi agar tidak tertinggal oleh daerah/ kota besar lainnya yang ada di Indonesia.

Kontribusi dari Masyarakat
a. Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia.
b. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri sendiri, bukan produk luar negeri. c. Mempelajari dan mengenal berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia agar timbul di dalam diri seseorang untuk menjaga kebudayaan Indonesia dari pengaruh kebudayaan luar yang negatif.
d. Saling menghormati dan menghargai antara sesama masyarakat walaupun berbeda agama dan suku bangsa.
e. Tidak mudah terpengaruh oleh kebudayaan luar yang negatif, seperti etika berpakaian yang kurang baik, etika dalam bergaul, sopan santun dalam berbicara serta bertingkah laku yang kurang baik dll.
f. Masyarakat harus dapat Bangga kepada Negeri sendiri dengan cara berlibur ataupun saat ingin mengambil pendidikan tinggi di dalam negeri saja.
g. Bersama – sama pemerintah mengembangkan dan memajukan kebudayaan – kebudayaan di setiap daerah terutama di daerah – daerh terpencil yang masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah ataupun masyarakat di kota – kota maju.
Jadi, kebudayaan tidak hanya mencakup di bidang seni saja, tetapi sebenarnya kebudayaan hampir mencakup di seluruh bidang, baik dari bidang pengetahuan, bidang pariwisata, bidang sosial (hubungan masyarakat), religi (kepercayaan) dan norma / etika perilaku manusia, oleh karena itu masyarakat dan pemerintah harus bersama – sama menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia agar kebudayaan kita tidak dikalim / dirampas oleh bangsa lain.


BAB III KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan
Disadari sepenuhnya bahwa Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat majemuk sekali. Kekayaan kebudayaan ini terkait dengan masalah kesuku bangsaan dan kebudayaan-kebudayaan yang tumbuh akibat akulturasi dan berbagai proses hubungan dinamis manusia dan lingkungannya, sehingga kekayaan kebudayaan Indonesia menjadi sangat majemuk. Untuk melestarikan kekayaan kebudayaan ini, hingga saat ini kita belum memiliki peta kebudayaan Indonesia dan Data kebudayaan Indonesia yang reliable. Untuk melestarikan, dalam arti melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan kebudayaan tersebut, kita harus mempunyai data yang lengkap dan akurat.

3.2 Saran
Pemerintah dengan tegas harus melindungi kekayaan budaya yang berada dalam wilayahnya baik secara de facto dan de jure dari berbagai tindakan tidak terpuji dari Negara lain. Pemerintah juga harus melakukan promosi budaya. Kita dapat memasang iklan di media massa dan elektronik bahkan melalui internet yang sekarang dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh semua orang. Sedangkan masyarakat harus Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia. Mempelajari dan mengenal berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia agar timbul di dalam diri seseorang untuk menjaga kebudayaan Indonesia dari pengaruh kebudayaan luar yang negatif.

DAFTAR PUSTAKA
http://kurniantop.blogspot.com/2011/11/makalah-ibd-kontribusi-pemerintah-dan.html http://zeculture.blogspot.com/2010/03/peran-pemerintah-dan-masyarakat-dalam.html

No comments:

Post a Comment